*Tulisan ini dibuat bukan
untuk mempromosikan produk atau bahkan tulisan ‘pesanan’ produsen. Bukan pula
untuk mengkampanyekan merokok. Semata-mata hanya untuk menyampaikan pemikiran
terhadap sesuatu yang terlihat dalam keseharian.*
Dalam perjalanan menuju
Bandung melalui jalur Puncak, di jembatan penyeberangan Pasar Cipanas, Cianjur,
saya melihat billboard A Mild yang desain visualnya belum pernah saya lihat
sebelumnya.Desain visualnya menarik dan terlihat sangat kontras di malam hari.
Sambil maju perlahan karena agak macet, saya coba menafsirkan apa maksud iklan
pada billboard backlite tersebut sambil tidak lupa mengabadikan dengan kamera
ponsel. Iklannya sebetulnya sederhana, khas A Mild. Hanya tulisan dari tag line
baru “Go Ahead” dalam bentuk huruf terbakar (seperti pada terlihat pada foto).
Ada beberapa unsur dari iklan tersebut yang saya dapatkan :
1. Tag line “Go Ahead” dengan
huruf “A” berbentuk sama dengan “A” pada logo A Mild, sangat jelas menunjukkan
merek pemilik tag line, yaitu A Mild.
2. Kalimat “Go Ahead” sendiri
berasal dari bahasa Inggris yang berarti “Ayo Maju”. Kalimat ini merupakan
kalimat seru yang memiliki beberapa makna (menurut saya):
·
Penyemangat
diri untuk maju/bergerak. Mungkin maknanya bagi internal
perusahaan Sampoerna adalah untuk terus maju selalu berinovasi dalam rangka
mempertahankan posisi market leader.
·
Penyemangat
diri untuk maju/bergerak. Mungkin bagi konsumen, adalah untuk mencitrakan
sebagai individu yang bersemangat untuk maju menghadapi segala tantangan yang
ada demi mencapai tujuan.
·
Ajakan
untuk bertarung/tantangan. Mungkin pihak A Mild secara implisit melontarkan
tantangan kepada kompetitornya untuk terus bersaing dalam berinovasi. Karena
selama ini A Mild diasosiasikan (dan mengasosiasikan diri) sebagai pioneer untuk
produk low tar low nicotine (LTLN) dan strategi iklan yang kreatif
dan nyeleneh. Sementara produk LTLN lain dianggap sebagai follower,
termasuk strategi iklannya.
3. Tulisan “Go Ahead” dengan
grafis terbakar api berlatar belakang gelapnya langit malam. Ini bermakna
terbakarnya semangat dalam sebuah atmosfir “panas” persaingan/tantangan.
4. Huruf “O” pada “Go Ahead”
yang berbentuk lingkaran api seperti untuk atraksi lompat api pada sirkus. Ini
bermakna tantangan untuk dapat melalui rintangan yang tinggi juga ‘panas’.
Secara implisit menunjukkan peringatan kepada kompetitor, jika ingin melewati A
Mild ada kemungkinan akan ‘terbakar’. Hehe…
Sejak kemunculannya pertama
kali, A Mild memang sudah memicu kontroversi. Di saat produsen rokok yang lain
memperkaya konten, A Mild malah ‘mengurangi’ konten dan muncul sebagai produk
LTLN. Awal mula kemunculannya adalah masa yang sulit. Memperkenalkan sesuatu
yang baru, apalagi kepada mayoritas yang masih menganut rokok harus ‘berat’,
adalah pekerjaan yang berat dan perlu strategi khusus jika tidak mau hasil
risetnya hanya berlalu menjadi sejarah. Secara bertahap, A Mild mampu meraih
kesuksesan. Sebagai first mover, teori menyebutkan pasti akan ada second mover dan
selanjutnya. Akhirnya muncul juga produk LTLN seperti LA Lights, Bentoel Mild,
Star Mild, Class Mild, X Mild, Surya Pro Mild, dll dengan beberapa strategi
iklannya yang mengikuti gaya iklan A Mild.
Merasa pioneer, A
Mild pernah memiliki tag line ”How Low Can You Go” yang bermakna sebuah
pertanyaan retoris/tantangan tentang seberapa rendah kadar tar dan nikotin yang
bisa dicapai oleh pesaing. Apakah bisa menyamai atau lebih rendah dari A Mild?
Hal ini untuk menantang produk competitor yang waktu itu masih bermain di jenis
rokok ‘berat’.
Kemudian muncul pula tag line
A Mild “Other Can Only follow” yang bermakna bahwa kompetitor hanya bisa
mengekor. Tag line ini muncul karena kompetitor tidak hanya mengekor membuat
produk LTLN tapi juga mengekor gaya iklan A Mild.
Apapun, saya sebagai audiens
hanya bisa mengamati sambil menikmati karya kreatif biro iklan dan bagian
pemasaran dari perusahaan-perusahaan yang terus bersaing tersebut entah sampai
kapan. Tak lupa sambil terus menafsirkan makna yang terkandung didalamnya,
seperti gambar di bawah ini. Enjoy Aja….
THIS INFO FROM : jurryhatammimi.wordpress.com
2 komentar:
Wynn Las Vegas Casino & Resort - JTG Hub
Get free Wi-Fi 군포 출장마사지 in every room 구미 출장안마 at Wynn Las Vegas 창원 출장안마 Casino & Resort. Book online hotel 파주 출장샵 rates & offers 오산 출장마사지 for AAA/AARP members, seniors,
Jurgenshare: Arti Iklan Go-A Head (Samporna Mild) >>>>> Download Now
>>>>> Download Full
Jurgenshare: Arti Iklan Go-A Head (Samporna Mild) >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Jurgenshare: Arti Iklan Go-A Head (Samporna Mild) >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK 7P